Kamis, 18 September 2014

Seni Kehidupan

Belakang Layar Kesenian Ketoprak di Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta
Assalamualaikum wr wb,

Setiap manusia pasti memiliki jiwa seni, hanya sebagian dikembangkan dengan serius dan sebagian yang lain dibiarkan mengalir begitu saja. Seni tidak melulu tentang pertunjukkan, dalam kehidupan sehari-hari kita pasti menggunakan bagian dari seni. Seperti menulis, memasak, berkendara bahkan berbicara sekalipun.

Hut Jurusan JKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Menurut saya, seni adalah tentang bagaimana kita menikmati kehidupan di dunia, menikmati nikmat Allah yang berlimpah ruah sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Sang Pencipta Allah SWT.

Berbicara mangenai seni, sejak kecil saya sudah menyukai seni musik. Mulai musik Pop, Rock sampai Campursari sekalipun. Saya sangat menggemari seni musik. Saya ingat betul gitar pertama yang saya peroleh waktu SD kelas 5. Saya bukan anak yang cukup cerdas dalam mata pelajaran di sekolah karena saya hanya menyukai pelajaran-pelajaran analisis sedangkan untuk pelajaran yang banyak hafalan saya tidak begitu menguasai. Namun saat itu bapak saya memberi challenge kepada saya apabila saya bisa masuk 3 besar maka akan dibelikan gitar. Dan benar saja di Catur Wulan (Jaman dulu sistem pembelajarannya belum memakai semester tetapi masih memakai Cawu/Catur Wulan) ke 2 saya mendapat ranking 2. Saya diajak ke toko alat musik dan dipersilahkan untuk memilih gitar yang saya mau, saya memilih satu gitar, waktu itu harganya Rp 125.000,-. Saya sangat senang pada waktu itu dan saya mulai belajar gitar sepulang dari membeli gitar. Saking senangnya memiliki gitar baru, saya sampai sering lupa waktu, lupa makan dan lupa mandi..heheh

Rentokil Band

Saat saya masuk SMP, disitulah saya bertemu dengan pelajaran seni musik dan saya satu-satunya siswa kelas 1 yang sudah bisa membawakan lagu menggunakan alat musik. Senang sekali pada saat itu. Ehemmm gadis-gadispun banyak yang tertarik pada saat itu.heheh. Bahkan saya sampai direkomendasikan untuk masuk ke sekolah musik untuk memperdalam pengetahuan tentang musik. Yaa namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya memutuskan untuk tidak mengambil jalan tersebut. Walaupun begitu saya tetap bisa menikmati keindahan seni di hidup saya setiap saat.

Kecintaan terhadap seni musik
Seperti yang sudah saya bilang di awal bahwa seni adalah salah satu bentuk rasa syukur terhadap limpahan nikmat Allah yang tidak terbatas. Bahkan setiap saat kita bisa menikmati seni dan seni lah yang selalu membuat saya bahagia. 
Cinta adalah seni.
Hidup adalah seni.
Apapun bisa kita nikmati sebagai seni.

Lets enjoy your life :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar